better & Co.

Dimensi Innovation Culture

DIMENSI INNOVATION CULTURE

Dalam membangun budaya inovasi atau innovation culture dalam organisasi terdapat beberapa dimensi yang perlu dipenuhi, dimensi tersebut yaitu:

1. Goals
Tujuan yang jelas dapat mendorong inovasi. Pemimpin harus memberikan sinyal yang kuat bahwa inovasi sangat diinginkan oleh organisasi dengan membentuk tim yang termotivasi untuk menemukan cara dalam mengimplementasikan visi. 
2. Knowledge
Pengetahuan adalah sumber utama dalam inovasi; seseorang dapat menciptakan kondisi yang lebih baik untuk mendorong inovasi jika informasi yang terkumpul memadai, sistematis, mudah dan cepat diakses, serta dikomunikasikan dengan jelas.
3. Resources
Pendekatan positif terhadap inovasi lebih besar jika karyawan tahu bahwa mereka mendapat dukungan sumber daya dalam mengembangkan ide-ide inovatif yang meliputi pendanaan, waktu, serta kehendak untuk bertindak.
 
4. Risk Taking
Karyawan harus merasa bahwa mereka dapat mencoba ide-ide baru tanpa takut ide yang disarankan akan membawa konsekuensi negatif; pemimpin organisasi inovatif harus lebih tertarik untuk belajar “dengan kesalahan” daripada menghukum karyawan karena ide-ide mereka.
 
5. Relationship
Ide-ide inovatif jarang yang merupakan produk dari seorang jenius tunggal. Di dalamnya terdapat kontribusi berbagai pihak dan  melibatkan berbagai peran sehingga mewujudkan lingkungan yang kolaboratif dan menerima perbedaan pendapat menjadi penting.
 
6. Tools
Inovasi adalah produk dari tujuan penggunaan alat-alat praktis; pemimpin harus mempertimbangkan bagaimana membangun potensi dan kemampuan pada karyawan untuk mendorong inovasi dengan menerapkan tools yang mampu mendukung peningkatan kompetensi karyawan.
 
7. Rewards
Salah satu aspek terpenting untuk mendotong inovasi yaitu dengan menghargai perilaku yang megarah pada inovasi. Organisasi perlu Menyusun sistem rewards dan pengakuan bagi mereka yang melakukan inovasi yang sesuai dengan tujuan organisasi.
 
Mengetahui Dimensi Innovation Culture
Dimensi Innovation Culture
Dimensi Innovation Culture
Contact Us

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *