better & Co.

Agile Values

AGILE VALUES

Agile Values mengacu pada kumpulan 4 nilai yang dikenalkan oleh Agile Alliance dalam Agile Manifesto. Kumpulan nilai ini mendahulukan orang daripada proses, deliver product dengan cepat, mendorong kolaborasi dengan customer, dan menyesuaikan rencana sesuai kebutuhan.

1.Individuals and Interactions Over Processes and Tools
Kesuksesan Anda tetap ditentukan oleh bagaimana tim Anda bekerja dan cara Anda bekerja bersama tim. Tim Anda dan kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien lebih bernilai dibandingkan proses dan tools yang digunakan.  Tim yang cerdas dan termotivasi mampu menemukan berbagai cara untuk menyelesaikan suatu masalah.

2. Working Software Over Comprehensive Documentation 
Hal ini tidak hanya berlaku untuk pengembangan software saja, namun pengembangan product secara umum. Dokumentasi tetaplah suatu yang penting, untuk menjelaskan alasan pembuatan product yang Anda kembangkan dan bagaimana product tersebut bekerja. 
Pengguna akan lebih memilih untuk mencoba product secara langsung dibandingkan diminta untuk membaca dokumen-dokumen yang menjelaskan mengenai product yang Anda tawarkan.

3. Customer Collaboration Over Contract Negotiation
Agile philosophy menekankan pentingnya pengembangan product yang bersifat customer-centric dibandingkan pendekatan yang bersifat product-centric. Dalam hal ini, kolaborasi dan feedback dari customer menjadi penting pada hampir seluruh proses pengembangan product.

4.  Responding to change over following a plan
Pada era yang silih berganti dengan cepat ini, sering kali terdapat pergantian prioritas untuk menyesuaikan kondisi yang ada. Hal ini juga mempengaruhi proses pengembangan product. Ketika proses pengembangan dimulai, para stakeholder akan mengamati perkembangannya dan menemukan domain masalah yang tepat sesuai visi dan misi organisasi. Seiring waktu, model bisnis berubah, begitu pula dengan teknologi yang digunakan. Walaupun demikian, project plan tetap diperlukan namun yang bersifat adaptif. Dalam hal ini, tujuan tidak berubah, namun cara mencapai tujuan lah yang disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *