better & Co.

Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

TIPS MENJAGA KESEHATAN MENTAL SELAMA PANDEMI

Selama pandemi Covid-19, hampir seluruh aktivitas kita dibatasi dan beralih ke interaksi secara virtual, pemerintah dan sejumlah besar perusahaan menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Hal ini merupakan Langkah bijak dalam menekan lonjakan kasus Covid-19, namun berpotensi menimbulkan zoom fatigue atau kelelahan virtual. Jadi, bagaimana ya agar kita bisa stay in-sane selama krisis ini? 

1. Peregangan dan Tetap Terhidrasi
Melakukan aktivitas fisik ringan seperti peregangan, jalan ke ruangan lain, atau minum air putih di antara jadwal virtual meeting dapat membantu mengurangi kelelahan Anda.

2. Mindfulness
Mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara terbuka. Anda dapat memulainya dengan mencari posisi duduk yang nyaman, mengatur napas, lalu fokus pada detak jantung atau rasakan sensasi udara yang mengalir saat menarik dan mengembuskan napas. Selanjutnya, fokuskan diri pada keadaan yang sedang terjadi di sekitar. Anda pun bisa menggunakan pancaindra untuk mengamati dan merasakan kondisi sekitar.

3. Olahraga rutin
Kesehatan mental juga berkaitan dengan Kesehatan fisik. Olahraga bisa menjadi cara yang sehat untuk membantu Anda ketika merasa sedih, stres, atau kewalahan. Selain itu, olahraga juga dapat membantu kita dalam meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi ini.

4. Mencoba Hobi dan Mengembangkan Keterampilan Baru
Hal ini akan membantu Anda tetap sibuk dan teralihkan dari pikiran-pikiran negatif terkait pandemi. Selain itu, Anda juga dapat mengembangkan skill baru yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

5. Batasi Penggunaan Media Sosial
Meskipun penggunaan media sosial mungkin bermanfaat untuk tetap terhubung dengan orang lain dan mendapat informasi terkini, namun hal ini juga dapat memperburuk kesehatan mental. 

 
Contact Us

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *